Monday 8 October 2012

Pengenalan CURL

CURL adalah suatu command line (jadi kayak command cmd ato terminal) tool yang sangat terkenal. curl memungkinkan kita melakukan komunikasi langsung dengan berbagai protokol terkenal di internet.

Curl mendukung protokol FTP (File Transfer Protocol) , FTPS (FTP/SSL), HTTP (Hyper Text Transfer Protocol), HTTPS (HTTP/SSL) , SCP (Secure Copy Protocol), SFTP (Secure FTP), TFTP (Trivial FTP), Telnet, dan sebagainya.Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di website CURL . Sering sekali kita sebagai programmer PHP ingin menggunakan protokol-protokol ini secara customized dan belum ada library php yang mendukungnya. Untuk itu modul curl/libcurl adalah solusi yang paling cocok untuk kita.

Setting CURL untuk Web

Untuk mengaktifkan curl pada distribusi PHP kita, maka perlu kita pastikan bahwa library curl sudah ada dan kita perlu edit file php.ini. Setting CURL distribusi php dari paket XAMPP windows. Asumsi bahwa distribusi XAMPP telah terinstall di komputer kita.
Edit file php.ini yang terdapat pada folder apache/bin/php.ini dan cari baris dengan entri seperti dibawah ini :
;extension = php_curl.dll 
kemudian di hilangkan tanda titik koma di depan sehingga menjadi
extension = php_curl.dll
Kemudian coba di test configurasi curl anda dengan menggunakan php_info() function dan lihat apakah modul curl sudah diload dengan baik. Apabila modul tersebut telah aktif maka pada informasi php_info() akan terlihat baris modul curl telah aktif.



Contoh penggunaan dari CURL

pertama ketik code di bawah ini dan coba eksekusi script nya, kalo kita lihat maka script tersebut akan membuka situs yahoo dengan tampilan seperti gambar dibawah ini.
     $ch = curl_init();  
      
     curl_setopt ($ch, CURLOPT_URL, "http://www.yahoo.com/");  
     curl_setopt ($ch, CURLOPT_HEADER, 0);  
      
     curl_exec ($ch);  
      
     curl_close ($ch);  
Dan berikut hasilnya.


source :
  1. http://pintar-php.blogspot.com/2008/05/apa-itu-curl.html
  2. http://www.php.net/manual/en/function.curl-exec.php 
Copyright © 2012 Clighter | Powered by Blogger