Tuesday 16 October 2012

Mari Menulis dengan Media Blog !

Berawal dari kebanyakan orang-orang hanya menghabiskan waktu didepan monitor dengan tidak melakukan hal yang lebih bermanfaat. Disini saya mencoba memberikan beberapa opsi dan alasan untuk mencoba sebuah kegiatan yang menarik yaitu menulis dimana salah satu media dan kegiatannya adalah nge-blog.

Jadi berikut beberapa alasan mengapa pentingnya menulis :

1. Dengan menulis kita bisa menjadi inspirasi buat yang lainnya.

Yap, menulis merupakan sarana menyebarkan inspirasi. Contoh buku "The Old New Land" yang ditulis Theodore Herzl adalah suatu buku sastra karya seorang yahudi, gara-gara buku fiksi tersebut, jutaan orang Yahudi terinspirasi untuk mendirikan sebuah negara Israel. Dimana, jutaan orang yahudi yang kala itu tersebar di berbagai belahan dunia beramai-ramai datang ke negara Islam yang terdapat kiblat pertama, Al Aqsha, Palestina. Hal tersebut merupakan hal yang luar biasa dimana cuma berawal dari pemikiran yang diwujudkan dengan tulisan dan dengan bantuan media lainnya, orang-orang yahudi tersebut berusaha mewujudkan negara tersebut hanya berawal dari tulisan fiksi. Terlepas dari konspirasi & cara mereka yang sangat tidak berperikemanusiaan dalam proses mencapai tujuan tersebut.

2. Dengan menulis kita akan dikenal & dikenang orang.

Yang membuat nama kita kekal yaitu dengan karya salah satunya berbentuk tulisan (yang bermanfaat).Dengan menulis, kita setidaknya meninggalkan karya, tidak sedikit tokoh hebat yang memiliki pemikiran yang cemerlang, namun karena tidak meninggalkan warisan tulisan, lalu hilang seperti hembusan angin.

Jika anda ingin hidup "kekal" dan dikenang orang hingga ratusan tahun atau bahkan ribuan tahun, buatlah warisan tulisan.

Dengan menulis kita membuat sesuatu yang tidak akan habis begitu saja dan lebih berharga daripada harta yang akan habis dan hilang tanpa bekas.

3. Menulis bisa ajang memotivasi dan beramal kebaikan.

Karena dalam Islam amal yang tidak akan terputus adalah amal jariyah yaitu ilmu dan tidak akan terputus amalnya bahkan akan terus mengalir. Oleh karena itu, apabila kita ingin mendapat amal yang terus mengalir mulai lah kita berbagi & menularkan ilmu yang bermanfaat dengan cara menulisnya dalam sebuah tulisan.

4. "Ilmu bagaikan binatang liar dan menulis adalah tali pengikatnya."

Kutipan diatas merupakan dari salah satu Imam Besar Islam yaitu Imam Syafi'i. beliau mengatakan hal tersebut dengan arti bahwa jadi ilmu yang kita dapatkan alangkah baiknya bila dijaga & dilestarikan supaya bermanfaat nah salah satu untuk menjaganya adalah dengan menulisnya karena sayang sekali apabila ilmu yang kita peroleh hanya dibiarkan mengendap sementara. maka dari itu, mari kita menulis ilmu yang diperoleh salah satu media yang bisa dijadikan alat menulis adalah dengan cara nge-blog. Dengan nge-blog ilmu yang kita peroleh bukan hanya bermanfaat buat kita saja tetapi bisa bermanfaat bagi orang lain.

Selain itu, dengan jaman yang canggih ini dimana setiap detik teknologi berubah, alangkah baiknya kita gunakan untuk kebaikan dan mari coba menulis dengan memanfaatkan teknologi dan mencoba tidak hanya menggunakan teknologi konvensional seperti kertas.

5. Berbagi dengan cara menulis.

Jadi kita bisa berbagi macam hal seperti cerita , memberikan opini kita tentang apa yang terjadi, memberikan propaganda yang positif dan berbagi karya apapun itu dengan media menulis. Dan karena berbagi itu hal yang indah.

6. Menulis adalah kegiatan positif dan menyenangkan.

Tanpa kita sadari apabila kita sedang menulis, kita tidak menyadari bahwa kita telah melewati menit hingga jam demi jam karena kegiatan menulis sesuatu seperti ilmu , curhatan, puisi, materi pembelajaran, cerita kehidupan , kejadian lucu, dan banyak lagi.

7. Menulis merupakan ajang promosi diri.

Selain hal diatas menulis blog juga bisa menjadi ajang promosi diri tentang apa yang kita kuasai dan mengerti dengan cara menulis artikel yang berguna tentang ilmu kita kuasai tersebut. dengan menulis ilmu yang kita kuasai, orang lain berpendapat bahwa kita mempunyai kapasitas mengenai hal tersebut sehingga bisa kita bisa menjadi solusi bagi orang yang mengalami kesusahan dalam hal ilmu yang kita kuasai dan lebih lanjutnya bisa jadi ajang bertambah relasi, memperluas jaringan sosial.

Itulah beberapa kedahsyatan dari menulis, coba tradisikan menulis dan mengajak yang lain untuk menulis untuk diwariskan untuk generasi yang akan datang.

Jadi mari kita menulis dengan cara ngeblog dan menghabiskan waktu kita di depan monitor dengan hal yang lebih bermanfaat.

Referensi :
Image Source :
Copyright © 2012 Clighter | Powered by Blogger